TRANSFORMIA – Coaching – Consulting – Training

Ketika motivasi karyawan menurun, produktivitas pun ikut berkurang. Jika hal itu terjadi, simak 6 langkah mudah dan efektif meningkatkan motivasi kerja karyawan berikut ini.

 

 

 

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja #1 Buat Lingkungan Kerja Menyenangkan

 

8 jam X 5 hari dalam satu minggu adalah waktu yang sangat lama hingga dapat membuat karyawan Anda merasa jenuh dan bosan jika harus berada diruangan yang sama setiap hari.

Untuk itu, ciptakanlah suasana kerja yang menyenangkan seperti dekorasi yang kreatif dan menarik maupun dengan menyediakan ruangan khusus untuk olahraga, istirahat, maupun melakukan kegiatan bersama lainnya.

Berikan juga kebebasan kepada karyawan Anda untuk menata dan menghias ruang kerja dan meja kerja mereka sendiri. Anda juga dapat menetapkan hari tertentu dimana mereka bebas berekspresi dengan memakai baju kerja yang diinginkan.

Namun, kenyamanan lingkungan kerja juga hal yang utama. Dimulai dari adanya kursi dan meja yang cukup dan nyaman untuk digunakan, toilet yang bersih, maupun pendingin ruangan yang berfungsi dengan baik.

 

 

 

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja #2 Berikan Apresiasi

Setiap orang akan sangat senang jika kerja keras yang dilakukan mendapat pengakuan dan penghargaan. Begitu pula jika ingin meningkatkan motivasi kerja karyawan Anda, berilah apresiasi terhadap hasil kerja mereka.

Anda dapat memberikan hadiah atau piagam atas hasil kerja mereka misalnya penghargaan untuk sales dengan penjualan terbaik, atau kepada karyawan yang selalu menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

Selain itu, Anda juga dapat mengapresiasi pencapaian yang tidak berkaitan dengan hasil kerja, misalnya kepada karyawan yang selalu datang lebih awal, apresiasi atas tempat kerja yang rapih dan kreatif, atau atas ide yang disampaikan.

 

 

 

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja #3 Berikan Life Balance

 

Karyawan juga pribadi yang layak mendapat keseimbangan hidup. Untuk itu hindari memaksa karyawan untuk kerja lembur atau meminta mereka masuk ketika hari libur.

Dorong karyawan untuk mengambil cuti untuk beristirahat atau berlibur. Berikan juga program kesehatan seperti ruang khusus olahraga maupun hari senam bersama.

Selain itu, jangan lupa untuk mendukung mereka secara spiritual seperti mengadakan acara pengajian maupun kebaktian rutin. Ajak pula tim untuk saling menjenguk anggota keluarga yang sedang sakit atau tertimpa musibah, agar mereka mendapatkan dukungan moral.

 

 

 

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja #4 Buat Kegiatan Menarik

 

Mengajak karyawan Anda mengikuti kegiatan outbound mungkin pernah dilakukan dan cukup berhasil meningkatkan semangat kerja. Namun, biasanya itu hanya dilakukan satu tahun sekali.

Cara mudah dan efektif lainnya untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan adalah dengan mengadakan kegiatan bersama yang hemat biaya namun tetap tinggi keakraban.

Contohnya, Anda bisa mengadakan acara tukar bekal makan siang, acara arisan, acara tukar kado, karaoke bersama, atau game berhadiah di sore hari, atau menonton film bersama.

 

 

 

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja #5 Ciptakan Jenjang Karir

 

Bekerja bertahun-tahun tanpa adanya kemungkinan jenjang karir atau gaji yang lebih baik, akan membuat karyawan Anda secara otomatis kehilangan motivasi dan semangat kerja.

Untuk itu, HRD perlu menciptakan jenjang karir atau Career Path agar setiap karyawan memiliki target jangka panjang yang dapat memotivasi mereka untuk giat bekerja setiap hari.

 

 

 

Cara Meningkatkan Motivasi Kerja #6 Berikan Program Pendukung

Cara yang satu ini selalu terbukti ampuh untuk meningkatkan motivasi karyawan, yaitu dengan memberikan program training atau pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan mereka sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan meminimalisir kesalahan.

Training atau pelatihan juga bisa menjadi jalan untuk mengembangkan karir dan keterampilan karyawan, sehingga mereka merasa memiliki kesempatan untuk maju dan menjadi lebih baik.

Selain program training, Anda juga bisa memberikan program coaching yang dapat membantu karyawan menemukan potensi terbesar diri mereka dan memiliki optimisme serta semangat kerja yang tinggi.

 

 

 

Coaching, Consulting, Training

Jika karyawan Anda terlihat bosan dan kurang motivasi, TRANSFORMIA dapat membantu Anda dengan program Coaching, Consulting dan Training yang lengkap dan sangat efektif untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan Anda.

 

 

 

Jasa Coaching Consulting Training Jakarta – Indonesia

Untuk info lebih lengkap, kunjungi website kami di :
www.transformia.co.id
 
atau hubungi kami di :
+62 813-1721-1792
Mia@transformia.co.id
× Perlu Bantuan ?