TRANSFORMIA – Coaching – Consulting – Training
 
 
Gaya kepemimpinan kuno yang melulu soal atasan memberikan perintah kepada bawahan mulai ditinggalkan. Sebagai gantinya, karyawan masa kini lebih memilih bekerja di bawah pemimpin yang transformasional seperti Elon Musk. 
 
Apa itu pemimpin transformasional—dan apa yang harus Anda lakukan untuk menjadi pemimpin sukses dan hebat seperti itu?
 
 

Apa Itu Pemimpin Transformasional?

 
Belajar dari Elon Musk, tidak mudah menjadi seorang pemimpin transformasional. Ia pendiri PayPal, jejaring pembayaran via Internet yang banyak digunakan netizen seluruh dunia untuk bertransaksi secara global. 
 
Sampingannya, laboratorium SpaceX dan Tesla, adalah sumbangsih besar bagi dunia teknologi. Tanpa kepemimpinan yang matang serta tim yang solid, sangat sulit untuk mengembangkan ketiganya.
 
Ini terjadi karena Elon Musk adalah seorang pemimpin transformasional. Secara umum, pemimpin transformasional berarti seseorang yang bisa bersama-sama menggerakkan timnya untuk mengidentifikasi peluang dan potensi-potensi masalah secara strategis. 
 
Bisa dibilang, pemimpin transofrmasional benar-benar bekerja bersama timnya, alih-alih hanya menyuruh para bawahannya melakukan apa yang menurutnya benar. Butuh tekad dan keteguhan besar untuk menjadi pemimpin seperti ini. Bisakah Anda? 
 
Asal Anda yakin bisa melakukan hal-hal di bawah ini, rasanya tidak ada yang tidak mungkin. 
 
 

Trend Pemimpin Transformasional #1 Jadilah Visioner dan Peka Membaca Peluang

 
Menjadi visioner berarti melatih diri Anda untuk terus mengevaluasi berbagai hal dan mencari jalan keluar dari permasalahan. Lihatlah bidang kerja atau sistem industri Anda, lalu pantau bagian mana dari semua sisinya yang dirasa sudah kuno dan perlu pembaharuan. Pemimpin yang transformasional punya cita-cita besar untuk membawa solusi dan kemudahan bagi kepentingan orang banyak dan masa depan.
 
 

Trend Pemimpin Transformasional #2 Aktif Mencari Tim dengan Cita-Cita atau Pandangan yang Sama

 
Sepandai-pandai nahkoda, tetap saja membutuhkan kapal dan kru yang mahir agar bisa berlayar dengan baik. Dan untuk memastikan kapal terus ke tujuan dengan selamat, nahkoda harus memastikan para krunya punya tujuan yang sama. Itulah yang harus pemimpin transformasional lakukan: menemukan tim yang memiliki cita-cita dan pandangan selaras. 
 
Pada zaman sekarang, tidak susah melakukan ini. Anda tidak harus turun ke jalan dan menanyai sembarang orang. Mulailah dengan bergabung di konferensi-konferensi, forum, menghadiri seminar, aktif menjalin komunikasi dan jaringan dengan orang-orang yang memiliki bidang atau minat yang sama dengan Anda. Pada akhirnya nanti, Anda akan terkejut mendapati berapa banyak sahabat sekaligus rekan kerja yang Anda dapat.
 
 

Trend Pemimpin Transformasional #3 Biasakan Membicarakan Apa pun Bersama Tim

 
Menjadi one man army sangat tidak disarankan jika Anda ingin menjadi pemimpin transformasinal. Tidak ada yang menyukai orang yang sok serba-tahu, jadi jika Anda hendak memulai suatu terobosan atau mencari jalan keluar permasalahan, biasakan untuk mendiskusikannya bersama tim. 
 
Hal ini memiliki keuntungan ganda: mereka bisa membantu Anda saat buntu suatu saat, dan mereka pun jadi merasa dipercaya. Hasilnya, adalah tim yang bisa menyokong satu sama lain dengan solid. 
 
 

Trend Pemimpin Transformasional #4 Rencana yang Terukur dan Jelas

 
Be meticulous! Sebesar apa pun visi dan misi Anda, masih butuh implementasi yang serius. Buatlah daftar hal-hal yang dibutuhkan, kegiatan-kegiatan yang perlu dilakukan, rinci hingga detail seperti material, dana, peralatan, bahkan jejaring sosial yang Anda butuhkan. 
 
Terdengar merepotkan? Kuncinya, jadilah realistis dan memulainya dari list yang kecil-kecil dan mudah. Lakukan secara bertahap, dan semuanya akan jadi terasa mudah.
 
 

Trend Pemimpin Transformasional #5 Berlatihlah Melihat Kegagalan Sebagai Keuntungan

 
Sebelum menjadi figur seperti sekarang, Elon Musk punya berbagai proyek kecil-kecil yang menuai kegagalan. Pernah, ia memperoleh reputasi sebagai anak muda yang hanya bisa bermimpi dan omong besar. Bayangkan, jika ia menyerah pada saat itu. 
 
Kunci menjadi pemimpin transformasional adalah pandai merayakan suatu kejadian dari dua sisi. Ketika gagal, Anda masih bisa memetiknya sebagai keuntungan karena Anda telah mempelajari sesuatu. Dan cara terbaik untuk merayakannya adalah dengan mencamkannya baik-baik, lalu tidak mengulanginya lagi. 
 
Sebaliknya, rayakanlah pula setiap kemenangan, sekecil apa pun, karena Anda layak berbahagia atas kerja keras Anda. 
 
 

Coaching – Consulting – Training

 
Jika Anda ingin menjadi pemimpin Transformasional, Anda harus selalu mengupgrade diri dengan mengikuti berbagai program training dan coaching yang tepat.
 
Transformia menyediakan jasa training, coaching dan consulting untuk para pemimpin dan calon pemimpin bisnis maupun organisasi.
 
Salah satu nya adalah melalui leadership training atau pelatihan Kepemimpinan. Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan Transformia, segera kunjungi website kami.
 
 
 

Jasa Coaching Consulting Training Jakarta – Indonesia

Untuk info lebih lengkap, kunjungi website kami di :
www.transformia.co.id
atau hubungi kami di :
+62 813-1721-1792
Mia@transformia.co.id
 
 
 

 
Tags : Coaching Indonesia, Pelatihan Karyawan, Jasa Training, Jasa Coahing, Coaching Jakarta, Business Coach, Career Coach, Life Coach, Jasa pelatihan karyawan, Pelatihan Karyawan Jakarta, Jasa Training Jakarta, Jasa Training Karyawan, Leadership Training, Employee Training, Business Training
 
× Perlu Bantuan ?