TRANSFORMIA – Coaching – Consulting – Training
 
 
Beban kerja yang padat dan tuntutan masalah sehari-hari bisa menggerus diri Anda. Jka dibiarkan menumpuk, lama-lama akan tercipta stres yang mengganggu pekerjaan. Anda jadi mudah marah, sedih, letih, kusam, dan tidak bahagia. Adakah cara untuk mengelolanya agar kondisi Anda tetap prima?
 
Faktanya, Anda bisa bebas stres meski beban kerja sehari-hari tetap ada. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membiasakan diri untuk mengelola ketika gempuran stres mulai datang, dengan cara melakukan beberapa hal yang baik untuk melatih pikiran. Apa saja? Mari kita simak paparan berikut. 
 
 

Tips Mengelola Stres #1 Cobalah Menulis Jurnal

 
Kadang-kadang, stres terjadi karena pikiran kita begitu sibuk dan ruwet. Menulis bisa jadi channel menarik untuk melihat pemikiran dan permasalahan kita dengan perspektif yang lebih terstruktur. 
 
Para orang-orang besar dunia biasa meluangkan satu jam pagi mereka setelah bangun tidur untuk menulis jurnal ditemani secangkir teh atau kopi. Kegiatan ini juga membantu Anda agar lebih siap menjalani hari. 
 
Jika pagi Anda padat, Anda juga bisa melakukannya pada malam hari sebelum tidur. Gunakan jurnal untuk merekam dan mengevaluasi pencapaian dan kegagalan Anda pada hari itu, sehingga pikiran buruk tidak akan terbawa tidur. Hasilnya, adalah tidur yang lebih berkualitas dan menyegarkan keesokan harinya.
 
 

Tips Mengelola Stres #2 Milikilah Komunitas untuk Berdiskusi

 
Anda tidak harus berdiskusi yang berat-berat dengan kawan Anda. Sekadar pertemuan mingguan untuk membicarakan masalah, kegiatan harian, atau tertawa bersama di rumah makan sangat baik untuk menjaga agar kadar stress tidak menumpuk. Ingat, tertawa adalah obat hati dan perasaan yang paling mujarab. 
 
Mendiskusikan masalah dengan teman baik juga bisa membantu Anda menemukan solusi yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Jadi, jagalah teman-teman Anda. 
 
 

Tips Mengelola Stres #3 Kembangkan Hobi Anda

 
Salah satu penyebab stres adalah kebosanan akut, atau perasaan kurang dihargai atas performa di tempat kerja. Untuk itulah, Anda harus memiliki hobi untuk memperkuat sense of self yang Anda miliki. Mungkin bermusik, jalan-jalan, menggambar, mengutak-atik barang elektronik, atau bahkan padu padan baju. 
 
Temukan diri Anda kembali melalui hal yang paling menyenangkan bagi diri Anda. Pada situasi genting, hobi yang produktif bisa juga memberi Anda tambahan pemasukan, lho!
 
 

Tips Mengelola Stres #4 Meditasi untuk Fokus pada “Sekarang” dan “Di Sini”

 
Ketika pikiran mulai terlalu ruwet, duduklah tegak dan pejamkan mata. Rasakan napas Anda, lalu embus pelan-pelan. Jangan pikirkan hal lain selain napas Anda.
 
Itu adalah trik meditasi sederhana untuk menjaga agar pikiran Anda hanya merasakan apa yang terjadi saat itu, di tempat Anda duduk. 
 
Sebab ketika masalah mendera, tidak jarang pikiran kita dipenuhi okeh kemungkinan-kemungkinan paling buruk. Atau, membayangkan skenario-skenario kegagalan yang sebenarnya masih bisa diubah. 
 
 

Tips Mengelola Stres #5 Berolahraga

 
Rutin berolahraga sangat ampuh untuk menurunkan serotonin. Anda bisa melakukannya dengan set push-up dan sit-up sederhana setiap pagi, atau meluangkan waktu seminggu sekali  untuk jogging bersama teman dan keluarga. Tidak heran, kegiatan olahraga bisa jadi sarana bonding yang menarik.
 
Dengan berolahraga, pacu sirkulasi darah akan semakin lancar. Akibatnya, aliran oksigen ke kepala pun semakin banyak, menghasilkan cara pikir yang lebih jernih dan menjauhkan emosi-emosi negatif. 
 
Membiasakan diri berkeringat juga akan memperbaiki gaya hidup sedentary jika Anda kebetulan adalah karyawan kantoran yang banyak berkegiatan sambil duduk. Sakit punggung hilang, perasaan pun lega, 
 
 

Coaching – Consulting – Training

 
Jika Anda mau mencoba beberapa tips mengelola stress diatas, Anda akan terbebas dari stress yang menekan. Sebaliknya, Anda akan senantias merasa bahagia.
 
Jika cara-cara tersebut belum mampu Anda lakukan seorang diri, peran coach sangat dibutuhkan untuk membantu Anda.
 
Transformia memiliki banyak coach profesional dan berpengalaman yang dapat membantu Anda mewujudkan hidup yang bahagia dan sukses, melalui program coaching, consulting dan training.
 
 

Jasa Coaching Consulting Training Jakarta – Indonesia

Untuk info lebih lengkap, kunjungi website kami di :
www.transformia.co.id
atau hubungi kami di :
+62 813-1721-1792
Mia@transformia.co.id
 
 
 

 
Tags : Coaching Indonesia, Pelatihan Karyawan, Jasa Training, Jasa Coahing, Coaching Jakarta, Business Coach, Career Coach, Life Coach, Jasa pelatihan karyawan, Pelatihan Karyawan Jakarta, Jasa Training Jakarta, Jasa Training Karyawan, Leadership Training, Employee Training, Business Training
 
× Perlu Bantuan ?