TRANSFORMIA – Coaching – Consulting – Training

 

Karyawan millenial memang terkenal unik dan berbeda dari generasi sebelumnya. Sebagai pemimpin, Anda juga harus memiliki strategi leadership khusus agar dapat sukses memimpin karyawan millenial dengan efektif, dan menciptakan tim kerja yang handal.

 

Tips Memimpin Karyawan Millenial #1 Memiliki Hubungan yang Baik

 

Hubungan antara karyawan dengan manajer atau atasannya memang harus dibangun dengan sebaik mungkin agar tercipta keakraban dan kekompakan sehingga koordinasi kerja pun menjadi lebih mudah.

Terlebih karyawan millenial yang lebih mengharapkan atasan atau pemimpin yang dapat memberikan rasa keakraban dan kekeluargaan tinggi. Karyawan millenial menginginkan hubungan yang nyata dengan pimpinan, bukan sekedar jabatan dan posisi.

Hubungan yang kuat antara atasan dan karyawannya akan menciptakan karyawan yang loyal dan memiliki keterlibatan yang lebih tinggi. Hubungan yang kuat juga membuat karyawan merasa lebih bertanggung jawab atas pekerjaan mereka.

Untuk membangun hubungan kerja antara karyawan dan atasan yang baik, perlu sikap toleransi dan keterbukaan yang tinggi. Pimpinan tidak boleh membuat batasan dan halangan karyawan agar bisa berinteraksi dan mengemukakan pendapat maupun keluhan.

Kedekatan manajer dan karyawan juga bisa timbul jika Anda rutin melakukan pertemuan antar muka, maupun melakukan kegiatan diluar kerja bersama-sama seperti bermain futsal atau sekedar makan siang bersama agar suasana mencair dan ramah.

 

Tips Memimpin Karyawan Millenial #2 Memberikan Kesempatan untuk Berkembang

 

Umumnya, karyawan generasi millenial memiliki harapan untuk dapat berkembang dan mendapat pengalaman, ilmu maupun posisi yang baik di dalam sebuah perusahaan. Jadi, uang bukanlah motivasi utama para kaum millenial dalam bekerja.

Kesempatan karyawan untuk dapat berkembang bukan hanya bergantung dari program career path atau jenjang karir oleh departemen HR atau SDM. Sebagai manajer atau pemimpin tim juga dapat menciptakan situasi yang mendukung perkembangan pribadi karyawan.

Sebagai atasan, Anda dapat memberikan waktu dan kesempatan agar karyawan dapat selalu turut andil dalam berbagai acara dan kegiatan kantor, maupun ketika Anda membutuhkan sebuah ide baru atau solusi atas masalah yang terjadi.

Program pelatihan atau Training karyawan juga dapat membantu mereka untuk mengembangkan skill / keterampilan maupun kepribadian dan pemikiran mereka. Training karyawan yang tepat juga bermanfaat membantu mereka dalam menjalankan tugas dan fungsinya dengan maksimal.

 

Tips Memimpin Karyawan Millenial #3 Menciptakan Tujuan

 

Seperti yang telah dijelaskan bahwa motivasi kerja karyawan millenial tidak melulu hanya uang dan jabatan. Generasi millenial menyukai pekerjaan yang dapat membuat mereka merasa berarti dan penting.

Karyawan millenial memiliki tingkat keterlinatan atau engagement yang lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya. Oleh karena itu, buat mereka mengerti bahwa pekerjaan mereka adalah hal yang penting dan memiliki tujuan yang nyata dan baik.

Jangan lupa untuk mensosialisasikan visi dan misi perusahaan dengan penjelasan yang mudah dimengerti, melalui penerapan dan rencana kerja yang konkrit agar dapat dilaksanakan dan diukur secara jelas.

Anda juga harus membiarkan karyawan menggunakan kekuatan atau kelebihan mereka dalam menjalankan tujuan bersa dari organisasi atau perusahaan Anda tersebut.

 

Tips Memimpin Karyawan Millenial #4 Menjadi Sosok Pelatih

 

Karyawan millenial sangat membutuhkan sosok pemimpin yang mampu menjadi pelatih atau coach. Pemimpin tipe coach diharapkan dapat membantu mereka dalam memahami seluk beluk yang berkaitan dengan pekerjaan maupun fungsi mereka.

Generasi millenial juga lebih suka dibimbing daripada diawasi langsung secara berlebihan. Setelah mendapat pembimbingan yang tepat  karyawan millenial dapat Anda beri kepercayaan dan delegasi tugas sehingga mereka dapat lebih bertanggung jawab.

Pemimpin tipe coach juga dapat turut andil dalam mengembangkan potensi dan kepribadian karyawan agar menjadi lebih baik. Namun menjadi pemimpin tipe pelatih memang bukan hal yang mudah dan dapat secara alami dikembangkan sendiri.

Manajer atau pemimpin juga membutuhkan bantuan dari executive coach yang mampu memberikan program pelatihan dan pendampingan, yang akan menjadikan Anda pemimpin  terbaik dan bertipe pelatih.

 

Coahing – Consulting – Training

 

TRANSFORMIA merupakan solusi tepat untuk membentuk dan mengembangkan pemimpin-pemimpin perusahaan maupun organisasi agar menjadi lebih baik, melalui program coaching, consulting dan training.

Executive Coaching yang ditujukan khusus untuk level manajemen juga sangat tepat untuk menciptakan pemimpin dengan model leadership yang efektif dan berpengaruh.

 

 

Jasa Coaching Consulting Training Jakarta – Indonesia

Untuk info lebih lengkap, kunjungi website kami di :
www.transformia.co.id
 
atau hubungi kami di :
+62 813-1721-1792
Mia@transformia.co.id
× Perlu Bantuan ?