TRANSFORMIA – Coaching – Consulting – Training
 
Di balik perusahaan yang sukses, terdapat para karyawan yang cakap dan mumpuni. Ini berarti, untuk menggapai kesuksesan tim Anda harus terdiri dari orang-orang dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang tinggi. Apalagi menyambut era globalisasi yang penuh persaingan seperti ini. 
 
Kejujuran, kerja keras, dan loyalitas adalah kualitas yang bagus pada diri karyawan. Akan tetapi, pribadi yang luhur saja tidak cukup untuk menggapai kesuksesan bersama. Untung, mutu SDM bisa dikembangkan dengan 9 metode di bawah ini. 
 
 

Strategi Pengembangan Karyawan #1 Recruitment yang Efektif

 
Bagian dari membangun SDM yang baik adalah memastikan Anda merekrut orang-orang yang tepat. Diskusikan dengan bagian HR untuk mengetahui klasifikasi dan kebutuhan perusahaan. 
 
Yang tidak kalah penting dalam lingkungan kerja adalah menciptakan atmosfir yang kondusif, dan itu termasuk diversifikasi tipe karyawan di perusahaan Anda. Apalagi, jika Anda berniat memberi pembaharuan agar kinerja perusahaan semakin sukses. 
 
 

Strategi Pengembangan Karyawan #2 Pelatihan / Training Karyawan

 
Pelatihan alias training wajib dilakukan secara berkala agar para pegawai memperoleh tambahan skill dan insight. Ada tua tipe latihan, yaitu dalam perusahaan (in house training) dan di luar perusahaan (external training).
 
Keduanya sama-sama memberi manfaat yang tak tergantikan, dan pengalaman bagi karyawan dan perusahaan.
 
 

Strategi Pengembangan Karyawan #3: Peningkatan Pendidikan

 
Kadang kala, ada karyawan di bidang atau keahlian tertentu yang dinilai kurang memiliki pendidikan memadai. Nah, Anda bisa membuat performanya semakin bagus dengan memberinya pendidikan tambahan di universitas-universitas pilihan. Hasil pendidikannya akan menjadi sumbangsih kembali kepada perusahaan.
 
 

Strategi Pengembangan Karyawan #4 Internship

 
Internship alias magang adalah penempatan karyawan di perusahaan lain untuk mempelajari hal baru. Paling bagusnya, tempatkan karyawan di perusahaan induk atau pertner di mana mereka bisa menyerap ilmu yang diperlukan agar performa di perusahaan semakin meningkat. 
 
Sistem magang juga bisa diberlakukan untuk umum jika Anda ingin mencari para karyawan-karyawan baru yang potensial. 
 
 

Strategi Pengembangan Karyawan #5 Job Enrichment

 
Job Enrichment bisa memberikan warna baru pada karir karyawan yang boleh jadi bosan dengan jobdesk itu-itu saja. Singkatnya, job enrichment adalah penambahan varian beban tugas dan tanggung jawab kepada seorang karyawan di posisi yang sama. 
 
Memberinya kewenangan untuk menggantikan atasan pada meeting tertentu, misalnya, adalah job enrichment yang bisa memperluas cakrawala karyawan.
 
 

Strategi Pengembangan Karyawan #6 Benchmarking

 
Tidak ada guru terbaik bagi seseorang selain perbandingan. Untuk mengevaluasi kinerja dan memeriksa bagian mana dari perusahaan yang perlu diperbaiki, Anda bisa mengirim staf Anda untuk melakukan studi banding (benchmarking) ke perusahaan lain. 
 
Di sana, nalar dan kepekaan para karyawan akan diuji untuk menentukan seberapa maju atau tidak perusahaan kita melalui kacamata standardisasi tersebut.
 
 

Strategi Pengembangan Karyawan #7 Uji Kompetensi 

 
Jika perusahaan Anda ingin bisa bersaing di kancah internasional, pertimbangkan untuk mengadakan uji kompetensi tahunan. Ini berarti, kualitas karyawan Anda akan diuji setiap tahunnya oleh lembaga-lembaga standardisasi internasional yang akan menentukan apakah kinerja SDM perusahaan Anda sudah bagus. 
 
Hal ini juga akan mengajarkan disiplin dan etos pada karyawan Anda, memperkenalkan mereka pada kualitas yang tinggi.
 
 

Strategi Pengembangan Karyawan #8 Rotasi Kerja

 
Meski sempat dinilai tidak efisien, riset menunjukkan rotasi kerja sangat membantu bagi SDM karyawan. Hal ini terutama amat penting bagi karyawan yang akan mencoba bidang baru, memperoleh promosi, atau menambah ketrampilan tambahan.  
 
 

Strategi Pengembangan Karyawan #9 Promosi

 
Karyawan tentu juga butuh merasa dihargai atas kerja keras mereka selama di perusahaan. Jika kinerjanya memang bagus, pertimbangkan untuk memberikan promosi berupa kenaikan gaji atau jabatan. Ini akan membuat karyawan bersangkutan merasa diperhatikan dan kerja kerasnya tidak sia-sia. 
 
Bahaya dari ketiadaan penghargaan dari perusahaan adalah, bisa saja terjadi penurunan performa—atau lebih parah lagi: mereka mempertimbangkan untuk pindah kerja. Sehingga, Anda pun akan kehilangan karyawan yang kompeten. 
 
 

Coaching – Consulting – Training

 
Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengembangkan kualitas SDM atau karyawan di perusahaan atau organisasi Anda, Transformia adalah solusi yang tepat.
 
Transformia menyediakan layanan terpadu yang dapat mentransformasi diri Anda dan organisasi menjadi lebih baik.
 
Melalui program Coaching, Consulting dan Training yang rutin dan tepat sasaran, Anda dan organisasi dapat merasakan manfaat yang luar biasa bagi kesuksesan Anda.
 
 
 

Jasa Coaching Consulting Training Jakarta – Indonesia

Untuk info lebih lengkap, kunjungi website kami di :
www.transformia.co.id
 
atau hubungi kami di :
+62 813-1721-1792
Mia@transformia.co.id

 

 


 
Tags : Coaching Indonesia, Pelatihan Karyawan, Jasa Training, Jasa Coahing, Coaching Jakarta, Business Coach, Career Coach, Life Coach, Jasa pelatihan karyawan, Pelatihan Karyawan Jakarta, Jasa Training Jakarta, Jasa Training Karyawan, Leadership Training, Employee Training, Business Training
 
 
× Perlu Bantuan ?