TRANSFORMIA – Coaching – Consulting – Training

 

Banyak manajemen yang menganggap bahwa pelatihan atau training karyawan yang mereka lakukan gagal atau tidak dapat membawa hasil yang diharapkan. Untuk itu simak 4 faktor utama penyebab gagalnya implementasi training karyawan berikut ini.

 

Penyebab Training Karyawan Gagal #1 Training Tidak Tepat Sasaran

 

Banyak perusahaan yang merasa gagal dalam menyelenggarakan training dikarenakan kurangnya persiapan yang matang sebelum menentukan jenis pelatihan dan peserta pelatihan yang akan mengikuti program tersebut.

Idealnya, sebelum memutuskan untuk melakukan program training, manajemen SDM atau divisi HR membuat assessment atau penilaian tentang kebutuhan training tiap karyawan yang disesuaikan dengan pekerjaan atau posisi mereka.

Untuk itu, Anda bisa memulai dengan melakukan pendataan karyawan sebagai berikut :

1. Apa job desk atau tugas mereka
2. Apa saja keahlian atau pengetahuan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut
3. Apa saja training yang pernah mereka ikuti terkait pekerjaan tersebut.
4. Apa training yang masih dibutuhkan oleh karyawan untuk menunjang pekerjaannya.

Menganalisa kebutuhan training karyawan dengan tepat dan spesifik dapat menghindari kegagalan implementasi training yang tidak tepat sasaran. Selain itu, Anda dapat mengukur training juga dapat memberikan manfaat dan pengembalian investasi yang besar terhadap perusahaan.

Penyebab Training Karyawan Gagal #2 Jenis Pelatihan yang Tidak Tepat

 

Sebagian besar perusahaan justru melakukan training untuk memperbaiki kelemahan (weakness) karyawan, bukan untuk meningkatkan keterampilan (strength) mereka agar menjadi lebih baik.

Akibatnya, perusahaan akan mendapatkan karyawan dengan keterampilan rata-rata, bukan karyawan dengan keterampilan atau keahlian yang luar biasa bahkan expert di bidangnya.

Untuk itu, jangan hanya berfokus pada training yang bersifat pelengkap atau penambah skill, melainkan berikan pelatihan lanjutan atas skill yang sudah dimiliki karyawan agar mereka dapat memberikan pengaruh yang luar biasa bagi kemajuan perusahaan Anda.

 

Penyebab Training Karyawan Gagal #3 Salah Memilih Pelatih

 

Faktor selanjutnya yang mengakibatkan training karyawan Anda menjadi gagal yaitu pemilihan pelatih atau trainer yang kurang tepat. Hal tersebut menjadi kunci utama ketidakberhasilan program training walau persiapan dan assessment sudah dilakukan dengan baik oleh pihak manajemen internal.

Oleh karena itu, pilihlah pusat pelatihan karyawan atau trainer yang berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik. Selain itu, pelatih training juga harus memiliki kompetensi dan sertifikasi tertentu yang menunjukkan bahwa mereka mampu melakukan training tersebut.

Jika Anda mencari jasa training karyawan dengan trainer yang berpengalaman dan professional, TRANSFORMIA adalah solusi pengembangan SDM yang tepat untuk perusahaan maupun organisasi lainnya.

Selain program training karyawan, TRANSFORMIA juga memiliki program coaching dan consulting yang sangat baik untuk solusi pengembangan SDM dan juga bisnis Anda.

 

Penyebab Training Karyawan Gagal #4 Penyampaian Training yang Kurang Tepat

 

Kesalahan dalam memilih training atau lembaga pelatihan karyawan yang profesional dan berpengalaman membawa Anda pada kesalahan selanjutnya yaitu penyampaian materi training yang kurang tepat.

Kemampuan pelatih atau trainer dalam menyampaikan materi training haruslah di evaluasi karena akan berdampak pada keseluruhan program training.

Trainer yang kurang mampu menyampaikan materi dengan tepat, menarik, dan mudah dimengerti, membuat peserta training kesulitan untuk memahami materi sehingga training pun menjadi kurang maksimal.

Untuk itu, Anda harus melakukan survei dengan melakukan sesi interview langsung maupun melalui angket yang dibagikan tertulis kepada karyawan. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah karyawan Anda memahami materi yang disampaikan oleh trainer.

 

Coaching – Consulting – Training

 

TRANSFORMIA adalah lembaga pengembangan Sumber Daya Manusia melalui program coaching, consulting dan training atau pelatihan yang berkesinambungan, dengan pendampingan dari para trainer yang bersertifikasi dan memiliki jam terbang tinggi.

 

 

Jasa Coaching Consulting Training Jakarta – Indonesia

Untuk info lebih lengkap, kunjungi website kami di :
www.transformia.co.id
 
atau hubungi kami di :
+62 813-1721-1792
Mia@transformia.co.id

 

× Perlu Bantuan ?