TRANSFORMIA – Coaching – Consulting – Training
 
 
Setiap perusahaan diprediksi memiliki 50% karyawan milenial. Sebagai HR, Anda wajib tahu cara efektif memimpin dan me-manage karyawan milenial tersebut.
 
 

Cara memimpin karyawan milenial #1 Budaya Perusahaan

 
Para milenial ingin pekerjaan mereka memiliki value added selain hanya sekedar mencari uang. Mereka ingin agar skill dan talent mereka dapat bermanfaat dan merubah dunia.
 
Mereka sangat antusias dan bangga akan apa yang mereka kerjakan. Oleh karena itu mereka akan mencurahkan segenap tenaga untuk melakukan pekerjaan yang sejalan dengan visi mereka.
 
Jika Anda mengembangkan budaya perusahaan yang kuat dan dapat membuat mereka bangga bekerja pada perusahaan Anda
 
 

Cara memimpin karyawan milenial #2 Work-Life Balance

 
Para milenial kerap memiliki goal atau tujuan yang beragam. Mereka ingin memiliki karir yang sukses namun juga bisa melakukan hobi mereka, atau berkumpul dengan keluarga.
 
Untuk itu, berikan lingkungan kerja yang memungkinkan mereka mendapat life balance atau keseimbangan hidup antara pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka.
 
Caranya adalah dengan memberlakukan jam kerja yang flexible maupun pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah. Suasana tempat kerja yang nyaman dan kreatif juga dapat menghilangkan penat dan stress.
 
 

Cara memimpin karyawan milenial #3 Leadership

 
Para milenial dapat terkesan lebih susah diatur jika Anda memposisikan diri sebagai Boss. Menjadi pemimpin yang disegani, dihormati dan dapat diandalkan adalah yang mereka butuhkan, bukan pemimpin yang ditakuti.
 
Milenial tidak membutuhkan pola micromanaging dan pemimpin yang selalu mendikte apa yang harus mereka lakukan. Leadership dengan memberikan contoh melalui tindakan nyata adalah yang terbaik.
 
Berikan juga coaching dan mentoring berkala kepada tim Anda agar mereka merasa didampingi saat mereka membutuhkan support.
 
 

Cara memimpin karyawan milenial #4 Jangan Batasi Gadget

 
Ketika kaum milenial kini memiliki kekuatan teknologi dan selalu berinteraksi menggunakan gadget mereka, jangan buat larangan yang terlalu mengekang kebebasan tersebut.
 
Sebaliknya, manfaat kebiasaan tersebut untuk membantu mereka menyelesaikan tugas dan tanggung jawab misalnya saja dengan memberikan aplikasi terkait pekerjaan yang dapat diakses melalui smartphone.
 
Selain itu, dengan membebaskan penggunaan gadget untuk membantu pekerjaan mereka, Anda juga membuat mereka merasa mendapat kepercayaan sepenuhnya.
 
 

Cara memimpin karyawan milenial #5 Hargai Pekerjaan Mereka

 
Milenial senang jika mendapat recognition atau mendapat perhatian maupun penghargaan atas apa yang telah mereka lakukan. Ucapan “Terima Kasih” atau “Good Job” dapat membuat mereka nyaman dan bangga.
 
Cara efisien memberikan penghargaan kepada karyawan milenial adalah dengan mengekspos kesuksesan mereka tersebut menggunakan media internet baik itu di social media maupun di website resmi perusahaan.
 
 

Cara memimpin karyawan milenial #6 Budaya Kolaborasi

 
Tahukah Anda mengapa kini banyak ruang kerja yang di desain tanpa pembatas atau penuh dengan ruang terbuka yang dapat memungkinkan karyawan berinteraksi satu sama lain?
 
Jawabannya karena para milenial menyukai budaya kolaborasi antar dan lintas departemen. Mereka tidak ragu meminta petunjuk dari rekan kerja lainnya untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka lebih cepat.
 
 
 

Jasa Coaching Consulting Training Jakarta – Indonesia

Untuk info lebih lengkap, kunjungi website kami di :
www.transformia.co.id
 
atau hubungi kami di :
+62 813-1721-1792
Mia@transformia.co.id
× Perlu Bantuan ?