TRANSFORMIA – Coaching – Consulting – Training
 
 
Tim sales atau tim penjualan dapat dibilang sebagai ujung tombak perusahaan. Untuk itu, perlu strategi khusus untuk membentuk tim sales handal yang dapat meningkatkan penjualan dan membuat bisnis Anda semakin maju dan berkembang.
 
 

Membentuk Tim Sales Handal #1 Tools yang Tepat

 
Jika Anda tidak memberikan tools yang tepat dan efektif, sama saja Anda membiarkan tim sales maju ke medan perang tanpa senjata. Peralatan yang dimaksud dapat berupa marketing tools maupun penunjang lainnya.
 
Contoh marketing tools yang perlu disiapkan cukup beragam. Mulai dari kartu nama, company profile, seragam, merchandise, dan media promosi lainnya. Sedangkan tools penunjang dapat berupa kendaraan operasional maupun alat komunikasi dan presentasi.
 
 

Membentuk Tim Sales Handal #2 Memberikan Motivasi

 
Melakukan pekerjaan rutin pasti membuat karyawan bosan maupun lelah. Sedangkan perusahaan pasti membutuhkan tenaga penjualan yang selalu bersemangat dan termotivasi untuk mencapai target penjualan yang telah ditetapkan.
 
Untuk itu jangan lupa untuk memberikan motivasi kepada tim sales Anda. Motivasi utama yang dibutuhkan mereka berbentuk penghargaan atas pencapaian target seperti bonus dan komisi yang sesuai. Coba juga untuk membuat kontes antar sales agar berkompetisi secara sehat.
 
Uang juga bukan satu-satunya cara untuk memotivasi tim sales. Anda juga dapat memotivasi melalui kata-kata verbal dan tindakan sehari-hari yang selalu mendukung dan meyemangati mereka secara langsung.
 
 

Membentuk Tim Sales Handal #3 Pemahaman Individual

 
Tiap karyawan memiliki sifat dan kepribadian masing-masing. Tak heran jika cara dan gaya kerja mereka pun berbeda-beda. Sehingga Anda harus memahami tim sales Anda secara personal dan memberikan kebebasan kepada mereka untuk bekerja sesuai gaya mereka sendiri.
 
Terkhusus tim sales, mereka memiliki cara dan media yang beragam dalam menjangkau calon  pelanggan, menjelaskan produk atau jasa yang dijual, dan lain sebagainya. Untuk itu jangan paksakan metode penjualan tiap tim sales. Cukup berikan target yang harus dicapai dan tools lain yang mereka butuhkan.
 
 

Membentuk Tim Sales Handal #4 Hilangkan Tugas Administratif

 
Banyak tim sales yang mengeluhkan tugas administratif yang masih harus mereka lakukan di sela-sela kesibukan dalam mencari calon pelanggan baru. Tugas administratif mengharuskan mereka meluangkan waktu khusus dan terkadang tidak cocok untuk kepribadian mereka.
 
Untuk itu, cobalah cari cara agar dapat mengurangi tugas-tugas administratif umum yang bisa dilakukan oleh bagian sales admin. Dengan begitu, tim sales Anda hanya fokus mengejar target penjualan dan bahkan meningkatkan revenue perusahaan.
 
 

Membentuk Tim Sales Handal #5 Pelatihan / Training Karyawan

 
Untuk membentuk tim sales yang handal, Anda  butuh melengkapi mereka dengan keterampilan atau skill yang dapat menunjang pekerjaan mereka. Salah satunya dengan cara memberikan program training atau pelatihan karyawan yang dikhususkan untuk bagian sales atau penjualan.
 
Salah satu skill yang diperlukan oleh tim sales diantaranya Communication skills, negotiation skills, presentation skills, leaderships skills dan masih banyak lagi. Selain training soft skill untuk melengkapi keterampilan yang dibutuhkan, mereka juga butuh product training untuk mengenal produk atau jasa yang dijual.
 
Namun ingat, Anda harus selektif dalam memilih trainer atau lembaga training yang profesional, berpengalaman dan bersertifikasi.
Pemilihan training karyawan yang tepat akan memberikan dampak positif dan bermanfaat yang nyata bagi perusahaan Anda.
 
 

Coaching – Consulting – Training

 
TRANSFORMIA adalah solusi yang paling tepat jika Anda membutuhkan training khusus untuk tim sales serta karyawan divisi lainnya. Selain itu, Transformia juga memiliki layanan coaching dan consulting untuk personal maupun pengembangan bisnis.
 
 
 

Jasa Coaching Consulting Training Jakarta – Indonesia

Untuk info lebih lengkap, kunjungi website kami di :
www.transformia.co.id
 
atau hubungi kami di :
+62 813-1721-1792
Mia@transformia.co.id
 
 
× Perlu Bantuan ?