Program Loop Certified Professional Coach Batch 22 Fase 1 telah selesai. Banyak hal yang membawa kesan begitu mendalam, salah satunya adalah mengenai PRESENCE.

PRESENCE, sebuah kehadiran. Katanya terdengar sederhana, tetapi mempunyai makna yang sangat mendalam. Terutama untuk saya, PRESENCE memiliki nilai yang begitu membekas, meyakinkan saya untuk tetap belajar HADIR, dalam setiap moment kebersamaan. Dancing with the Moment, begitulah istilah yang dipakai dalam LCPC untuk mengartikan sebuah kehadiran.

Dalam sebuah proses coaching, PRESENCE menjadi hal yang sangat essential. Seorang Coach harus HADIR dengan seutuhnya bagi Coachee. Hadir… ya Hadir… Hadir yang benar-benar ada untuk Coacheenya, tidak hanya raga, tetapi juga pikiran dan jiwanya. Penuh perhatian, kepedulian, ikhlas dan totalitas. Karena hanya dengan HADIR, maka Coach dapat mendengar dengan baik, apa yang disampaikan oleh Coacheenya. Hanya dengan hadir, Coach dapat mendengar semua pesan baik yang terucap maupun yang tersirat dari penekanan intonasi hingga gesture tubuh Coachee. Hanya dengan HADIR dan MENDENGAR, Coach dapat menciptakan pertanyaan-pertanyaan yang bermakna, yang dapat membawa Coachee pada kesadaran diri maupun penemuan solusi-solusi kreatif.

Lebih jauh lagi, PRESENCE atau HADIR tidak hanya berlaku untuk proses coaching, tetapi untuk semua proses kehidupan.

Sudahkan kita benar-benar HADIR untuk anak, pasangan, orang tua dan keluarga? Sudahkan kita benar-benar hadir untuk para teman dan sahabat? Sudahkah kita hadir untuk team kerja, atasan, rekan kerja ataupun relasi bisnis? Sudahkah kita hadir untuk masyarakat? dalam hal ini, saya sendiri merasa belum Hadir sempurna dan seutuhnya. Raga mungkin bersama, tapi kadangkala pikiran berkeliling kemana-mana. Mata, jemari dan perhatian bahkan sering tertuju kepada smartphone canggih nan mungil. Julukan smartphone “menjauhkan yang dekat” menjadi terasa nyata.

Arti HADIR tidak dapat hanya dikaitkan dengan hubungan antar manusia, namun juga dengan aktivitas yang kita kerjakan. Bekerja dengan filosofi HADIR, akan membawa seluruh totalitas pada hasil kerja kita, sebagai hasil karya yang dikerjakan dengan sepenuh hati. Dengan HADIR, bekerja menjadi tidak asal-asalan, dan tentu akan menghasilkan kinerja yang tidak asal-asalan juga. Karena dengan HADIR, kita akan memaksimalkan segala pikiran, perasaan, perhatian dan semangat. Kita akan bekerja dengan jiwa dan mata hati kita..

So, Let’s We Dancing with the Moment

Author :Henny Wang

× Perlu Bantuan ?