TRANSFORMIA – Coaching – Consulting – Training

 

Pelatih Sriwijaya FC Widodo Cahyono Putro meminta anak asuhnya lebih meningkatkan komunikasi saat menjamu Pusamania Borneo FC di Stadion Gelora Sriwijaya FC, Minggu (18/12), pada pertandingan di pekan terakhir Indonesia Soccer Championship (ISC) tahun 2016.

 

Widodo mengatakan, ia masih melihat kurangnya komunikasi antar pemain kala menghadapi PS TNI walaupun mereka akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 5-2. Lemahnya komunikasi ini terutama ketika para pemain dalam kondisi tertekan. Begitu juga saat menghadapi set piece yang diterapkan lawan, masih sering terjadi kesalahpahaman antar pemain.

 

“Bagi saya, Lini belakang masih membutuhkan penyempurnaan lagi, terutama dalam hal komunikasi. Komunikasi ini penting sehingga para pemain memahami siapa yang harus melakukan cover, dan siapa yang harus memberikan pressing pada lawan di saat yang bersamaan.” ungkap Widodo.

 

Dalam menjalankan aktifitas sehari-hari bersama orang disekitar, komunikasi antar pribadi pun sama pentingnya seperti gambaran komunikasi dalam permainan sepakbola. Penting bagi diri kita untuk senantiasa meningkatkan efektivitas komunikasi agar kesalahpahaman minim terjadi sehingga akhirnya kita mampu mencapai tujuan bersama.

 

Selain itu komunikasi yang baik juga penting agar setiap orang memahami peran dan tanggung jawabnya masing-masing dalam menjalankan aktifitas di sebuah organisasi. Karena dalam sebuah organisasi, kita tidak bekerja sendiri sehingga dibutuhkan harmonisasi dalam setiap aktifitas yang kita kerjakan.

 

Sayangnya sebagian diantara kita masih belum benar-benar memahami pentingnya komunikasi ini. Beberapa pihak masih merasa dengan memberikan instruksi sejelas mungkin, maka mereka sudah berkomunikasi dengan maksimal. Padahal, hanya memberikan instruksi justru seringkali menjadi bentuk komunikasi yang tidak efektif. Hal ini disebabkan karena memberikan instruksi hanya berjalan searah, sedangkan komunikasi yang efektif berjalan dua arah.

 

Lantas apa yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan efektivitas  dalam sebuah komunikasi ?

 

  1. Mulailah dengan memahami
  2. Bicarakan dengan jelas dan terbuka
  3. Komunikasikan secara berkala

 

 

Oleh Ivandhana, Personal Productivity Coach & Trainer

 

 

 

Jasa Coaching Consulting Training Jakarta – Indonesia

Untuk info lebih lengkap, kunjungi website kami di :
www.transformia.co.id
atau hubungi kami di :
+62 813-1721-1792
Mia@transformia.co.id
× Perlu Bantuan ?