TRANSFORMIA – Coaching – Consulting – Training
 
 
Dengan iklim industri yang semakin kompleks, dan persaingan yang semakin ketat, tak heran jika beban kerja para eksekutif juga bertambah. 
 
Para eksekutif kini bukan cuma diharapkan menguasai aspek teknis dan strategis sebuah perusahaan, tapi juga memahami aspek budaya dan operasional agar tidak salah mengambil langkah. 
 
Belum lagi tuntutan globalisasi yang membuat sebuah perusahaan harus memiliki orientasi ke luar—yang berarti Anda mungkin saja berbenturan dengan budaya lain. 
 
Tak heran, jasa executive coach semakin naik daun belakangan. Cara kerjanya mirip-mirip team coach, hanya saja materinya khusus dikustomisasi untuk para eksekutif dengan titik berat pada leadership skill, team management, dan strategy. 
 
Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah executive coach merupakan beban—atau investasi?
 
 

Keuntungan Jasa Executive Coach 

 
Jika melihat dari sisi keuntungan, banyak sekali benefit yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan jasa executive coach. Anda akan didampingi tenaga profesional yang intensif mendukung proses penempaan diri Anda menjadi leader yang mumpuni. 
 
Selain itu, executive coach juga bisa membantu mengevaluasi blind spot dalam gaya kepemimpinan Anda, dan bersama-sama mencari cara untuk mengatasinya. 
 
Ketika tren menggunakan jasa executive coach mulai merebak, para peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memastikan seberapa besar keuntungan jasa satu ini. Pasalnya, tidak seperti investasi modal yang jumlahnya bisa dibaca di atas kertas, keuntungan dari coaching biasa terlihat dari performa para peserta setelah tiap kali pertemuan.
 
Hasilnya? 75% dari para responden mengakui bahwa menggunakan jasa executive coach “lebih menguntungkan” atau “jauh lebih menguntungkan”, dan amat sepadan dengan jumlah dana dan waktu yang harus dicadangkan!
 
 

Kerugian Menggunakan Jasa Executive Coach

 
Dengan menggunakan jasa executive coach, mau tidak mau Anda harus mencadangkan waktu untuk pertemuan dengan coach pilihan Anda. Waktu yang mungkin Anda pikir lebih bermanfaat digunakan untuk meeting dengan rekan bisnis, mengevaluasi keuangan, dan sebagainya. 
 
Pula, jasa executive coach biasanya dibandrol dengan harga tertentu. Sebab itulah masih banyak yang ragu untuk menyewa jasa konsultan; untuk apa kita membayar untuk investasi yang hasilnya tidak bisa diukur secara kasat mata?
 
 

Menghitung ROI Jasa Executive Coach

 
ROI alias Return of Investment adalah perhatian terbesar bagi siapa pun sebelum menanamkan modal. Pada kasus menyewa jasa executive coach, kebanyakan pengusaha mungkin akan menaikkan alis. Bagaimana menghitung ROI atas langkah ini?
 
Rupanya, hal ini mungkin-mungkin saja. Tetapi pertama-tama Anda harus mencatat bahwa keuntungan yang didapat dari menyewa jasa executive coach bersifat psikologis. 
 
Pada awal pertemuan, coach akan memperkenalkan Anda dengan lembaran target di mana Anda bisa menceritakan apa yang ingin Anda capai dari proses pelatihan ini. Setiap tabel di lembaran target memuat skor 1-10, dengan 8-10 sebagai tanda bahwa pelatihan Anda sangat sukses. 
 
Selama itu, coach akan membimbing Anda untuk mengatasi masalah-masalah dalam gaya kepemimpinan Anda. Misalnya, jika Anda ingin sesi presentasi Anda menarik dan tidak membuat para staf mengantuk, coach akan hadir di sana untuk memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan. 
 
Di akhir pertemuan, Anda bisa menyelenggaran 360 degree survey secara menyeluruh kepada semua staf dan melihat apakah ada pembeda signifikan dengan diri Anda sebelumnya. 
 
Paling seringnya? Para eksekutif mendapat skor 8-10. Itu, hanya jika Anda kooperatif dan memilih konsultan yang benar-benar bagus. 
 
Kesimpulannya, tidak perlu mengkhawatirkan ROI. Karena menyewa jasa executive coach adalah investasi besar yang, meski manfaatnya mungkin tidak tampak nyata dan instan, akan membantu Anda menjadi pemimpin yang baik dalam jangka panjang. 
 
Anda tidak akan lagi ragu-ragu ketika menemui hambatan, dan menjadi manusia yang lebih baik secara umum. 
 
 

Coaching – Consulting – Training

 
Bagaimana, kini Anda pasti sudah paham manfaat utama executive coach, bukan?
 
Namun langkah penting selanjutnya adalah mencari jasa executive coach yang tepat, terpercaya, profesional dan berpengalaman.
 
Seperti hal nya Transformia yang merupakan jasa coaching, consulting dan training untuk individu maupun perusahaan dan organisasi.
 
 
 

Jasa Coaching Consulting Training Jakarta – Indonesia

Untuk info lebih lengkap, kunjungi website kami di :
www.transformia.co.id
atau hubungi kami di :
+62 813-1721-1792
Mia@transformia.co.id
 
 
 

 
Tags : Coaching Indonesia, Pelatihan Karyawan, Jasa Training, Jasa Coahing, Coaching Jakarta, Business Coach, Career Coach, Life Coach, Jasa pelatihan karyawan, Pelatihan Karyawan Jakarta, Jasa Training Jakarta, Jasa Training Karyawan, Leadership Training, Employee Training, Business Training
 
 
× Perlu Bantuan ?