TRANSFORMIA – Coaching – Consulting – Training

 

“Kalau setiap hari bisa pulang kerja jam dua siang seperti hari ini, kayaknya enak ya.”

“Enak bagaimana maksudmu?”

“Ya enak lah, kan kita bisa jadi pulang lebih awal. Bisa segera beristirahat dirumah.”

“Jadi, menurut kamu enak ya kalau kita bisa pulang lebih awal dan bisa segera beristirahat dirumah?”

“Iya lah, jelas itu.”

“Kalo kamu pulang lebih awal, kira-kira berapa jam jadinya waktu produktifmu di kantor? Bagaimana kamu bisa memperlihatkan kinerja yang maksimal dan karirmu bagus bila dalam pikiranmu selalu membayangkan pulang setengah hari itu?”

 

Didalam menjalani rutinitas di tempat kerja, kita seringkali dihadapkan pada situasi yang membuat diri kita jenuh. Ditengah kejenuhan ini, seringkali diri kita membayangkan kondisi-kondisi yang nyaman. Bayangan situasi dan kondisi inilah yang bila kita tidak berhati-hati akan mengurangi produktivitas diri kita. Hal ini disebabkan karena seringkali bayangan yang muncul adalah kondisi yang terlihat ideal dalam benak kita, walaupun pada kenyataannya tidak seindah yang ada di pikiran kita.

Sama seperti dalam perbincangan diatas yang menggambarkan sebuah kondisi dan situasi dimana pulang lebih awal terlihat sangat menyenangkan. Namun, yang kemudian tidak terpikirkan adalah situasi pulang lebih awal tersebut mengurangi waktu produktif kita. Akhirnya hal ini menyebabkan penurunan produktifitas dan kemampuan yang kita miliki sendiri didalam sebuah pekerjaan.

 

Semua orang pasti menginginkan kenyamanan dalam kehidupannya. Baik itu dalam hal pekerjaan, aktifitas keseharian dan lainnya. Hal ini tergolong sebagai sesuatu yang wajar dalam sebuah kehidupan. Namun yang kemudian menjadi tidak wajar adalah ketika keinginan kita yang menggebu-gebu untuk mencari sebuah kenyamanan itu justru membuat kita melupakan kebutuhan dasar manusia lainnya, yaitu kebutuhan terkait sebuah perkembangan. Karena zona perkembangan itu justru seringkali berada di luar zona kenyamanan diri kita.

 

Zona nyaman memang terlihat membahagiakan, namun sesungguhnya juga berpotensi membuat kita menurunkan kemampuan yang kita miliki didalam sebuah bidang pekerjaan sehingga akhirnya karir yang kita harapkan akan sulit kita dapatkan.

 

 

Oleh Ivandhana, Personal Productivity Coach & Trainer

 

 

Jasa Coaching Consulting Training Jakarta – Indonesia

Untuk info lebih lengkap, kunjungi website kami di :
www.transformia.co.id
atau hubungi kami di :
+62 813-1721-1792
Mia@transformia.co.id
× Perlu Bantuan ?