TRANSFORMIA – Coaching – Consulting – Training
 
 
Keterampilan delegasi sangat dibutuhkan para pemimpin untuk meningkatkan produktivitas, mengelola beban kerja, dan bertujuan agar dapat mencapai target atau tujuan dengan efektif, efisien dan tepat waktu. Untuk itu simak 5 teknik jitu berikut untuk meningkatkan kemampuan delegasi yang baik.
 
 

Kemampuan Delegasi Efektif #1 Berikan Kepercayaan Utuh

 
Agar Anda berhasil mengimplementasikan strategi delegasi yang baik, Anda harus mengambil resiko yang tidak sedikit. Karena kunci delegasi adalah melepas kendali sepenuhnya kepada orang yang mendapat tanggung jawab tersebut.
 
Proses delegasi dinilai suskes jika Anda tidak perlu melakukan micro management atau mengawasi secara langsung bahkan untuk hal-hal kecil dan detail terkait pekerjaan itu. Anda juga harus membiarkan penerima delegasi membuat keputusan-keputusan pribadi tanpa campur tangan Anda.
 
Berikan ruang kepada karyawan Anda untuk mengembangkan rasa tanggung jawab akan pekerjaan yang diberikan. Biarkan mereka mengembangkan pola pikir kritis dan menemukan ide dan solusi yang terbaik untuk menyelesaikan tanggung jawab tersebut.
 
Mulailah mendelegasikan pekerjaan kecil terlebih dahulu, dan lakukan evaluasi yang menyeluruh. Jika mereka berhasil mengerjakan tugas tersebut, Anda dapat memberikan tugas lain yang lebih berat sehingga Anda dapat fokus kepada hal lain yang bersifat pengembangan dan inovatif.
 
 

Kemampuan Delegasi Efektif #2 Pilih Orang yang Tepat

 
Proses delegasi yang efektif melibatkan kedua belah pihak baik yang menyerahkan maupun yang menerima tanggung jawab. Untuk itu pastikan penerima delegasi adalah orang yang tepat dan mampu untuk melakukan tugas tersebut sama baiknya dengan Anda.
 
Untuk itu, sebelum mendelegasikan sebuah tugas, Anda harus benar-benar mengerti kekuatan, kelemahan, dan keterampilan yang dimiliki oleh karyawan yang akan menerima tanggung jawab tersebut.
 
 

Kemampuan Delegasi Efektif #3 Berikan Instruksi yang Jelas

 
Seperti yang dijelaskan pada poin pertama bahwa Anda harus memberikan kepercayaan penuh dan membiarkan si penerima delegasi menemukan ide dan solusi sendiri untuk melakukan tanggung jawab tersebut.
 
Walau begitu, Anda harus memberikan instruksi yang jelas akan tugas yand diberikan. Pastikan mereka mengerti apa target atau hasil yang Anda harapkan, apa saja indikator keberhasilannya maupun kapan tugas tersebut harus diselesaikan.
 
Jangan sampai penerima delegasi menebak apa yang harus mereka lakukan, kerena merasa bingung dengan instruksi yang diberikan. Terutama jika ini adalah tugas pertama yang di delegasikan, Anda dapat memberikan panduan dan coaching terlebih dahulu sebelum melepaskan kendali sepenuhnya.
 
 
 

Kemampuan Delegasi Efektif #4 Delegasikan Berdasarkan Minat

 
Selain menyesuaikan keterampilan dengan tugas yang akan diberikan, Anda juga haris mampu memberikan delegasi sesuai minat dan ketertarikan mereka. Banyak karyawan yang “terjebak” dalam posisi pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat dan passion mereka.
 
Oleh karena itu, memberikan delegasi kepada karyawan yang memiliki ketertarikan di bidang yang sama dapat memberikan mereka motivasi untuk menyelesaikan tugas dengan sangat baik dan menyalurkan minat mereka.
 
 

Kemampuan Delegasi Efektif #5 Memberikan Apresiasi Pribadi

 
Jangan menganggap bahwa implementasi delegasi adalah suatu hal yang wajar sehingga Anda tidak perlu memberikan apresiasi secara pribadi kepada si penerima tanggung jawab.
 
Ingat, pendelegasian menguntungkan kedua belah pihak, bahkan kebanyakan lebih menguntungkan bagi para pemimpin yang melakukan delegasi tersebut.
 
Oleh karena itu, bersikap baiklah ketika memberikan delegasi kepada karyawan. Dan pastikan juga mereka merasa dihargai dan diapresiasi atas hasil tugas yang berhasil mereka lakulan untuk Anda.
 
 

Coaching – Consulting – Training

 
Kemampuan delegasi yang baik hanyalah satu dari sekian banyak keterampilan yang wajib dimiliki oleh para pemimpin perusahaan maupun sebuah organisasi.
 
Untuk itu, sebagai pemimpin Anda haru selalu mengasah keterampilan dan pengetahuan agar menjadi pemimpin yang handal. Hal tersebut bisa Anda dapatkan melalui program coaching dan leadership training atau pelatihan khusus untuk para pemimpin atau manajer.
 
TRANSFORMIA adalah solusi yang tepat bagi Anda yang ingin mengembangkan potensi sebagai leader atau pemimpin yang hebat. Melalui program coaching, consulting dan training Transformia, Anda dapat bertransformasi menjadi pemimpin handal.
 
 

Jasa Coaching Consulting Training Jakarta – Indonesia

Untuk info lebih lengkap, kunjungi website kami di :
www.transformia.co.id
 
atau hubungi kami di :
+62 813-1721-1792
Mia@transformia.co.id
× Perlu Bantuan ?