TRANSFORMIA – Coaching – Consulting – Training
 
 
Apa kunci sukses paling utama di atas segalanya? Menurut Warren Buffet—salah satu orang terkaya di dunia—jawabannya adalah memberikan banyak investasi pada satu hal yang tak tergantikan: diri sendiri. 
 
Rupanya, diri Anda adalah modal tak tergantikan yang nilainya bisa menjadi sangat fantastis bila terus diasah. Akan tetapi, apa saja cara terbaik untuk berinvestasi pada diri sendiri?
 
Dilansir dari Economics Time, berikut adalah paparan 7 cara terbaik berinvestasi pada diri sendiri menurut Warren Buffet.
 
 

Cara Meningkatkan Potensi Diri #1 Ikut Training dan Seminar

 
 
Warren Buffet memberikan ilustrasi menarik tentang hidupnya sendiri. Ia sepenuhnya sadar jika Anda ingin menjadi versi diri Anda yang 150% lebih baik, asahlah kemampuan berkomunikasi; baik verbal maupun tertulis. Masalahnya pada usia 20-an,  kala itu Warren muda sangat gagap publik dan tidak pandai bicara. 
 
Yang ia lakukan? Segera mendaftar training ke Dale Carnegie. Di sana, ia belajar tentang cara bergaul dan mengomunikasikan opininya secara efektif. Hasilnya, adalah Warren Buffet bijaksana yang Anda tahu saat ini.
 
Kesimpulannya, mendaftar training dan seminar bersertifikasi selalu merupakan pilihan bagus. Kocek yang harus Anda rogoh tidak akan sebanding dengan manfaat besar yang Anda dapatkan di akhir kelas atau seminar.
 
Jadi, jangan ragu untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang bermanfaat untuk mendongkrak skill, pengetahuan dan kualitas diri Anda.
 
 

Cara Meningkatkan Potensi Diri #2 Terus Membaca

 
Orang-orang paling pintar dan kaya di dunia meluangkan setidaknya satu jam per harinya untuk membaca buku. Bill Gates sendiri punya daftar 100 buku terbaik versinya setiap tahun, yang banyak menjadi rujukan bagi para kritikus maupun pembaca kasual. 
 
Sudah banyak penelitian menunjukkan hubungan antara kebiasaan membaca dengan kepandaian berpikir. Dengan membaca, secara tidak langsung Anda membuka pikiran pada imajinasi, ide-ide, menata alur pikiran agar teratur dan koheren. 
 
Pada zaman sekarang, Anda juga bisa memperoleh bacaan bermutu dari blog-blog official yang telah terkurasi kualitasnya. Meski media sosial boleh jadi lebih menghibur, tapi buku dan blog lebih bermanfaat. 
 
 

Cara Meningkatkan Potensi Diri #3 Belajarlah Melalui Permainan

 
Perkembangan teknologi membuat proses pembelajaran jadi menyenangkan. Luangkan waktu untuk melihat-lihat daftar aplikasi yang bisa Anda unduh, dan Anda akan tercengang melihat banyaknya proses pembelajaran yang dikemas berupa permainan-permainan menarik. 
 
Duolingo misalnya, terkenal di antara kalangan beragam usia karena memperkenalkan cara belajar bahasa melalui levelling bersama burung hijau lucu. Dan, siapa yang akan bosan mengasah otak bersama Professor Layton? Kini, proses belajar pun bisa sambil main.
 
 

Cara Meningkatkan Potensi Diri #4 Bergabung dengan Komunitas

 
Forum atau komunitas adalah cara terbaik untuk menghidupkan kembali gairah belajar yang mulai redup. Di dalamnya, Anda bisa menemukan mentor, teman, bahkan calon kolega yang memiliki minat serupa dengan Anda. 
 
Berbagi pengalaman dan wawasan di antara obrolan ringan bukanlah ide yang buruk, bukan? 
 
 

Cara Meningkatkan Potensi Diri #5 Belajar Membuat Karya

 
Punya dorongan untuk mewujudkan cerita di kepala Anda? Atau melanjutkan hobi membuat model dari plastisin yang berhenti saat Anda lulus sekolah dasar? 
 
Kabar baiknya, memanifestasikan kemampuan kita dalam rupa karya yang nyata dan bisa dipegang baik untuk psikologi diri dalam jangka panjang. Membuat karya memberikan kepuasan. Dan, karena ini hanya iseng-iseng sampingan, karya pertama Anda tidak harus luar biasa bagus. 
 
Dengan begitu, secara alamiah Anda akan terlatih memaafkan kegagalan diri, sekaligus tertantang untuk membuat karya yang semakin baik. Psst, jika Anda rupanya jadi mahir, ini bisa jadi secondary skill yang menguntungkan, lho!
 
 

Cara Meningkatkan Potensi Diri #6 Travelling atau Keluar dari Zona Nyaman

 
Anda tidak harus mencadangkan ratusan juta untuk liburan keliling dunia, atau keluar dari pekerjaan. Sepanjang, Anda mendapatkan ide inti dari kegiatan bepergian: mengenal suasana baru, orang baru, perspektif baru. 
 
Terlalu lama berada di suatu lingkungan, biarpun nyaman, punya bahaya psikologis yakni membuat jiwa kita kerdil dan mudah pongah. Juga, travelling pun penting untuk memberi suasana baru.
 
Sekadar jalan-jalan pendek ke kota sebelah, menemui sanak saudara atau orangtua di luar kota, bahkan sedikit kerja sosial untuk saudara-saudara kita yang kurang mampu bisa memberikan pengalaman yang tak terduga. 
 
 

Cara Meningkatkan Potensi Diri #7 Beristirahat untuk Melacak Kemajuan

 
Warren Buffet senang memberikan ilustrasi, bahwa mobil yang melaju kencang pun butuh rem sebentar. Baik untuk mendinginkan mesin maupun mengisi bensin. Nah, begitu pula diri Anda. 
 
Selalu luangkan waktu untuk berdiam diri, memikirkan dan mengevaluasi apa yang Anda punya, Anda inginkan, dan Anda rencanakan.
 
Pertanyaan-pertanyan seperti, investasi apa yang ingin Anda lakukan sebelum akhir tahun ini? Berapa buku yang sudah Anda baca? Sambil jalan-jalan di taman, atau sambil menuliskannya di jurnal pribadi, juga adalah praktik yang bagus karena sekaligus melatih syaraf motorik. 
 
 

Coaching – Consulting – Training

 
Cara ampuh untuk meningkatkan potensi diri adalah dengan rajin mengikutin training atau pelatihan, sesi coaching maupun seminar.
 
Transformia adalah penyedia jasa coaching, jasa training dan consultant yang dapat membantu menemukan potensi sejati diri Anda dan meningkatkannya.
 
Selain itu, Transformia juga merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang ingin membuat dan mengembangkan bisnisnya agar lebih sukses.
 
 
 

Jasa Coaching Consulting Training Jakarta – Indonesia

Untuk info lebih lengkap, kunjungi website kami di :
www.transformia.co.id
atau hubungi kami di :
+62 813-1721-1792
Mia@transformia.co.id
 
 
 

 
Tags : Coaching Indonesia, Pelatihan Karyawan, Jasa Training, Jasa Coahing, Coaching Jakarta, Business Coach, Career Coach, Life Coach, Jasa pelatihan karyawan, Pelatihan Karyawan Jakarta, Jasa Training Jakarta, Jasa Training Karyawan, Leadership Training, Employee Training, Business Training
 
 
× Perlu Bantuan ?