Dalam proses Coaching, Coach yang efektif harus mampu mengilhami dan memberdayakan Coachee untuk membantu mereka memaknai kehidupan dan peran mereka, mencapai potensi dan membawa kemana tujuan mereka. Untuk mencapai hal tersebut, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para Coach. Ketika kompetensi teknis coaching saja dirasa belum cukup, namun lebih dalam lagi, diperlukan kepekaan, totalitas dan chemistry yang tumbuh antara Coach dan Coachee.

Ketika semuanya hadir, dan “Dancing with the moment” tercipta, muncul kenikmatan tersendiri dalam proses coaching, baik bagi Coach maupun Coachee-nya. Coachee merasa nyaman dan didengar, bebas bercerita mengungkapkan isi hati. Sedangkan sang Coach, mendengar dengan kepekaan, sepenuh hati, memberikan umpan balik dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang bermakna.

Dan pada saat sang Coachee menemukan “AHA Moment”, menemukan solusi untuk mencapai tujuan mereka, melihat Coachee tersenyum lega, dan mimiknya yang berubah mencerah.. Luapan bahagia, itulah yang saya rasakan sebagai Coach. Bahagia karena berhasil membantu Coachee mencapai tujuannya. Bahagia karena melihat Coachee bahagia. Bahagia karena merasa bermanfaat sebagai seorang Coach.

Saya adalah manusia biasa. Para Coach juga manusia biasa. Sebagai mahkluk sosial yang diberikan karunia mata hati dan keinginan untuk membahagiakan sesama. Kepuasan untuk melihat orang lain bahagia. Terutama jika kita mempunyai kesempatan untuk memberikan andil dalam kebahagiaan orang lain. Dan saya menemukannya pada saat berperan sebagai Coach. Suatu peran yang menurut saya mulia, karena mempunyai tujuan mulia.

Mungkin kami para Coach tidak selalu mampu melakukan hal yang spektakuler. Namun, pesan dari Mother Theresa dirasa mampu menjadi penyemangat kami. bahwa “Dalam kehidupan ini, kita tidak dapat selalu melakukan hal yang besar, tetapi kita dapat melakukan banyak hal kecil, dengan KASIH yang besar”. Langkah sekecil apapun, jika dilakukan bersama-sama oleh jutaan orang, maka niscaya akan dapat membawa pada transformasi dunia.

Untuk para Coach, mari lanjutkan misimu, membawa perubahan pada dunia, memberi kebahagiaan kepada sesama..

Author : Henny Wang

× Perlu Bantuan ?